You Can't Beat DirectBOOK NOW

3 Air Terjun Indah di Bali

3 Air Terjun Indah di Bali
Spread the love

Bali merupakan pulau yang mempunyai keindahan alam yang sangat banyak dan jenisnya sangat beragam. Beberapa orang sangat menikmati keindahan pantai di Bali, beberapa orang lagi lebih menikmati perbukitan dan gunung-gunung yang sangat indah, ada juga yang menikmati daerah persawahan yang sejuk.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengulas tentang beberapa air terjun di Bali yang sangat indah, namun masih belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga membuat kita lebih nyaman untuk berkunjung dan bersantai di lokasi tersebut.

1. Aling – Aling Waterfall

Air terjun ini terletak di Desa Sambangan, Singaraja, Bali. Dalam air terjun ini terdapat beberapa anak air terjun yang memiliki ketinggian yang beragam. Bahkan di lokasi ini, ada spot yang memungkinkan untuk tamu bisa melakukan Free Jump ke bawah.

Namun ada 1 air terjun yang paling tinggi di Aling-Aling, yang melarang para pengunjung untuk berenang di sekitarnya karena arus yang terlalu deras. Apabila melanggar, bisa-bisa nyawa menjadi taruhannya. Oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak melanggar semua aturan yang dibuat oleh penduduk setempat yang menjaga air terjun tersebut.

Yang perlu diperhatikan lagi, banyak TOMCAT di sekitar area air terjun ini. Jadi disarankan para pengunjung selalu memperhatikan jalan dan sekitar, agar tidak sampai tergigit oleh serangga menyebalkan satu ini.

Dengan ketinggian air terjun sekitar 35 kilometer, tak heran jika guyuran air dari Air Terjun Aling-Aling ini sangat deras menghujam ke kolam air di bawahnya. Dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi di sekitar air terjun, kecantikan Aling-Aling tak kalah dalam menampilkan pesonanya.

 

2. Fiji Waterfall

Fiji waterfall ini terletak di daerah Lemukih, Sawan Buleleng. Area ini dapat di akses melalui Bedugul. Begitu sampai di area parkir, kita akan menempuh perjalanan dengan berjalan cukup jauh, sekitar 30 menit untuk sampai di bawah. Sebagai gambaran, penjelajahan menuju ke titik air terjun, mirip seperti menaiki bukit. Disarankan para pengunjung menyiapkan stamina terlebih dahulu dengan sarapan atau makan yang secukupnya.

Sesampainya di bawah, anda akan menemukan 2 air terjun yang letaknya tidak terlalu jauh. Salah satunya adalah Fiji Waterfall ini. Anda tinggal mengikuti papan petunjuk yang mengarahkan anda ke masing-masing air terjun. Anda bisa memilih sendiri.

Sekali lagi, tempat yang tidak terlalu ramai ini menjadi sangat nyaman untuk bersantai, berfoto-foto ataupun beristirahat sejenak, sebelum menempuh perjalanan kembali ke atas yang cukup berat.

3. Tukad Cepung Waterfall

Tukad Cepung Waterfall ini terletak di daerah Dusun Penida Kelod, Kabupaten Bangli. Air terjun ini termasuk salah satu yang paling istimewa di Bali. Air terjun ini terkesan sangat tersembunyi, dan membutuhkan petualangan khusus untuk bisa mencapainya. Yang membuat air terjun ini istimewa adalah, air terjun ini tidak seperti air terjun pada umumnya. Biasanya air terjun terletak di alam terbuka dan air yang jatuh dikelilingi oleh tanaman atau pepohonan yang rindang. Namun Tukad Cepung menempatkan dirinya secara istimewa di dalam suatu Goa.

Tukad Cepung Waterfall tersembunyi di dalam Goa yang gelap, berair, namun sangat cantik. Setelah melewati Goa tersebut selama sekitar 30 menit, melewati perairan yang dingin dan bebatuan yang licin dan sedikit curam, akhirnya para pengunjung bisa sampai di titik akhir dimana Air Terjun tersebut menyiramkan butiran-butiran air yang segar.

Oleh karena medan area yang terbilang susah dan berbahaya, maka para pengunjung harus extra berhati-hati saat menjelajahi Goa tersebut. Sangat disarankan menggunakan sandal gunung, untuk menghindari menginjak barang-barang yang membahayakan saat melintasi perairan.

Air terjun ini juga cukup ramai didatangi pengunjung. Apabila ingin mendapatkan foto yang bagus dan tidak banyak bocor, disarankan datang pagi hari disaat area masih belum terlalu ramai.

TEST